oleh

BerPotensi Wisata Religi dan Agro, Warga Ciengang Sukabumi ajukan ini ke DPRD

Infoparlemensukabumi.com||Warga Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi berharap DPRD bisa mendorong pemerintah mempercepat perbaikan infrastruktur guna kebangkitan ekonomi pasca pandemi covid-19. Di Ciengang ada potensi wisata religi dan agro yang mulai dikenal tapi sulit diakses wisatawan karena kerusakan jalan yang cukup parah.

Ada Masjid Baiturrahman yang dikenal memiliki panorama indah dan perkebunan teh, kopi serta sayuran yang terus berkembang. Warga menyalurkan aspirasi tersebut saat bertemu dengan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Heri Antoni, pada Sabtu akhir pekan lalu.

Saat itu anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi tengah ngabuburit bersama sejumlah alumni IPB. “Kebetulan kami alumni IPB ngabuburit disana. Warga kemudian banyak bercerita tentang keinginan memajukan ekonomi kawasan dengan keberadaan wisata religi dan agro,” ungkap Heri kepada Media.

Masjid Baiturrahman, lanjut Heri merupakan aset utama warga setempat saat ini. Tingkat kunjungan wisatawan tidak banyak tapi selalu ada. Dampaknya tentu warung dan sektor ekonomi yang dikelola warga di sekitarnya mulai naik.

Tak hanya itu, warga setempat yang mayoritas petani juga ingin menata kawasan perkebunan teh, sayur dan kopi untuk dijadikan wisata agro. “Jadi mereka ingin membangun perekonomian warga melalui wisata, baik itu religi dengan keberadaan Masjid Baiturrahman, maupun potensi perkebunan yang ada disana,” lanjut Heri Antoni.

Salah satu keinginan warga untuk mewujudkan impian tersebut adalah infrastruktur, khususnya akses jalan menuju ke Ciengang. Saat ini wisatawan masih harus bersusah payah untuk mencapai Masjid Baiturrahman, karena jalannya dalam kondisi rusak di sejumlah ruas.

“Untuk ke lokasi melalui jalan provinsi arah sagaranten, rusak sekitar 1 km, masuk ke dalam berupa jalan kabupaten dan desa. Hampir semua jalan desa masih berupa batu pengerasan (sekitar 2 km), jalan kabupaten relatif baik, hanya beberapa titik yang rusak,” ungkap politisi Partai Amanat Nasional ini.

Masukan dan aspirasi dari warga Cieungang ini akan coba disampaikan Heri Antoni ke pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi. “Intinya warga sudah semangat untuk bangkit, pemerintah juga harus lebih semangat mendukung upaya rakyat untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka,” ungkap Heri.

Komentar

News Feed