oleh

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Diskors, Ini penjelasan Yudha

Infoparlemensukabumi.com – DPRD Kabupaten Sukabumi menghadapi agenda padat di bulan November ini. Hal itu disampaikan Yudha Sukmagara selaku ketua.

Terbaru, lembaga legislatif itu menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi atas Raperda tentang APBD Tahun anggaran 2021, Senin (2/11/20).

Namun, ada hal tak terduga terjadi dalam giat yang digelar di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi itu. Rapat sempat diskors 10 menit, lantaran Pjs Bupati Sukabumi, Gani Muhamad, mendadak tak hadir dan mendisposisikan perwakilan kepada Pj Sekda Kabupaten Sukabumi, Zainul S.

Pantauan infoparlemensukabumi.com, hal itu membuat sejumlah anggota dewan yang mengikuti rapat melakukan interupsi mempertanyakan alasan ketidakhadiran Gani. Bahkan Legislator dari Fraksi Partai Golkar, Agus Mulyadi, melakukan walk out.

“Iya tadi ada sejumlah anggota dewan yang hengkang. Tadi itu memang secara mendadak rapat paripurna ini Pjs Bupati Sukabumi tidak bisa hadir. Rapat ini sudah juga sudah dilempar ke forum,” tutur Yudha.

Rapat paripurna tersebut telah dinyatakan memenuhi kuorum. 6 dari 8 fraksi menyetujui rapat dilanjutkan.

“Dan juga ada memo disposisi yang diposisikan ke Sekda, memang disposisi ini last minute tadi datangnya jadi memang sangat mendadak.Tapi saya rasa tidak mengurangi daripada apa yang kita lakukan dalam paripurna karena memang ini untuk kepentingan masyarakat,” tutur Yudha.

“Mayoritas fraksi meminta rapat dilanjutkan. Jadi, kita lanjutkan,” tegasnya.

Ketidakhadiran Pjs Bupati Sukabumi, kata Yudha, sebenarnya bukan merupakan persoalan dari segi aturan dan tata tertib dalam rapat paripurna. Terlebih telah diwakilkan kepada Pj Sekda. Namun begitu ia berharap, ke depan tidak terjadi lagi hal serupa.

“Tidak ada masalah sebetulnya. Hanya dari segi etika pemerintah daerah saja. Pjs Bupati Sukabumi memang tidak bisa menghadiri rapat paripurna karena dipanggil oleh Kementerian Dalam Negeri ke Jakarta. Apalagi beliau ini kan Kepala Biro Hukum, jadi sangat dibutuhkan oleh Kemendagri,” bebernya.

“Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi tetap kami gelar dan berjalan lancar sesuai agenda,” tandasnya.

Komentar

News Feed