oleh

DPRD Minta Inspektorat Turun Tangan

-Berita-1,656 views

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi turut bicara soal lambannya pemerintah desa dalam menyampaikan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes 2017 kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Agus meminta supaya Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sinergis dalam melakukan pembinaan terhadap pemerintah desa.

“Tentunya eksekutif harus sinergis dalam melakukan pembinaan kepada pemerintah desa, sehingga mereka (Pemdes) nantinya terpacu,” ujar Agus Mulyadi, Jumat (2/2).

Pemerintah desa, lanjut Agus, dengan staf yang terbatas dan banyaknya kegiatan tentunya harus diberikan pelatihan lebih sehingga kemampuan administratifnya baik. Karena itu, DPMD maupun Inspektorat harus rajin memberikan materi pelatihan dan pembinaan.

“Pencairan dana desa tahap akhir itu biasanya diakhir tahun, sedangkan laporan harus sudah masuk ke Pemda diawal tahun. Oleh sebab itu, jika Sumber Daya Manusia (SDM) di desa tidak memiliki kemampuan lebih dalam administrasi, tentunya mereka akan kerepotan,” terangnya.

Selain itu, peranan pendamping desa juga harus bisa melatih aparatur desa agar penyerapan dana desa sesuai dengan aturan dan administrasinya baik. “Saya rasa jika seluruh elemen yang mempunyai kewenangan dalam persoalan ini sinergis, mau tidak mau pemdes akan termotivasi agar lebih baik,” ungkapnya.

Kendati Lpj realisasi pelaksanaan APBDes tidak berpengaruh terhadap anggran ditahun selanjutnya, pemerintah desa tetap harus menyampaikan laporan tersebut guna pencocokan data. “Realisasi pelaksanaan APBDes setiap desa dalam setiap tahunnya tentunya penting bagi pemrintah daerah,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Ahmad Mujadid menambahkan, DPMD dengan unsur lainnya yang memiliki tanggung jawab untuk mengontrol pelaksanaan dana desa tentunya terus melakukan pelatihan dan pembinaan.

“Berbagai bentuk pembinaan dan pelatihan telah diberikan, termasuk soal pelaksanaan dan pelaporannya, namun memang berbagai faktor terjadi. Selain itu, saat ini Lpj realisasi pelaksanaan APBDes 2017 dari setiap desa terus bertambah masuk,” pungkasnya.

Komentar

News Feed